Minggu, 06 Januari 2013

Preposisi Struktual dalam bahasa Jepang


Presuposisi Struktural
Presuposisi (praanggapan) struktural mengacu pada sturktur kalimat-kalimat tertentu telah dianalisis sebagai praanggapan secara tetap dan konvensional bahwa bagian struktur itu sudah diasumsikan kebenarannya. Hal ini tampak dalam kalimat tanya, secara konvensional diinterpretasikan dengan kata tanya (kapan dan di mana) seudah diketahui sebagai masalah.

1)      Aさん: 先週の日曜日どこへ行きましたか
Bさん: 美術館へ行きました。(みんなの日本語初級1標準問題集・16ページ)
Dalam percakapan di atas penutur beranggapan bahwa lawan tutur minggu kemarin telah pergi ke suatu tempat pada hari minggu. Preposisi struktualnya adalah (Bさんは先週の日曜日に行きました。)
2)      A新幹線に乗ったことがありますか
B:ええ、あります。
A:どうでしたか。
B:とても速かったです。(みんなの日本語1・159ページ)
  Dari percakapan di atas A-san beranggapan B-san menaiki shinkansen. Preposisi struktualnya adalah (Bさんは新幹線に乗りました。)

3)      サントスさんはどこで服や靴を買いましたか
夏休みやお正月に国へ帰ったとき、買いました。(みんなの日本語1・191ページ)
  Dari percakapan di atas penutur beranggapan Santos-san membeli baju dan sepatu. Preposisi struktualnya adalah (サントスさんは服や靴を買いました。)
4)      今日のテストと昨日のテストどちらが難しかったですか。(ニューアプローチ・中級日本語。4ページ)
  Kalimat di atas merupakan informasi tertentu yang sudah diketahui oleh penutur dan tertutur, namun sebagian besar anggapan adalah milik penutur terdapat dua preposisi yang dapat diambil dari kalimat diatas dimana preposisi struktualnya adalah (1.テストをしました。2.今日のテストと昨日のテストも難しかった。)
5)      そのネクタイ、とても高いそうですね。ブランド物ですか。(ニューアプローチ・中級日本語。68ページ)
  Dari kalimat di atas, penutur memiliki dua anggapan bahwa lawan bicara telah membeli dasi dan anggapan kedua adalah dasi itu ber-merk mahal. Preposisi struktualnya adalah (1.ネクタイを買いました。2.ネクタイがブランド物です。)
6)      Aどうしてうそをついたんですか
B:本当のことを話したら、怒られると思いましたから。
  Dari pembicaraan di atas, penutur beranggapan B-san berbohong, dan B-san memang berbohong karena jika berbicara yang sebenarnya kawatir A-san akan marah. Preposisi struktualnya adalah (Bさんはうそです。)
7)      Aどんな靴を買いましたか。
B:黒い靴を買いました。(みんなの日本語初級1標準問題集・14ページ)

  Dari percakapan di atas penutur beranggapan B-san telah membeli sepatu. Preposis struktualnya adalah (Bさん靴を買いました。)
8)      A昨日の晩何時まで勉強しましたか
B:7時から8時半までです。
  Dari percakapan di atas, penutur beranggapan B-san kemarin malam telah belajar. Preposisi struktualnya adalah (Bさんは昨日の晩勉強しました。)
9)      A次の日曜日どこへ行きまか
Dari percakapan di atas penutur beranggapan lawan tuturnya akan pergi juga di hari minggu depan. Preposisi struktualnya adalah (Bさん次の日曜日に行くつもりと思います。)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kebencian ku pada kalian!!

  Aku sudah merasa rindu saat-saat bersama mereka. 40 Orang dari 23 Negara kalau saya tidak salah ingat. Dengan latar belakang pekerjaan yan...