Minggu, 24 April 2011

Bagaimana menulis yang baik menurut kata hati

Menulis yang baik menurut kata hati, adalah bagaimana itu cara kita mengeluarkan isi-isi pikiran slama ini yang slalu tersimpan dan sulit untuk diungkapkan secara baik dan sesuai dengan keinginan hati. Misalnya dengan menulis catatan harian setiap malam sehabis melakukan suatu kegiatan. Bagi saya itu adalah suatu kegiatan yang sangat menyenangkan. Karena kejadian yang hari itu telah dialami sejak bangun dari tdur hingga kita akan tidur kembali, terkadang mudah terlupakan walau dalam jangka waktu hanya beberapa jam saja. Itu yang terjadi pada saya. Oleh karena itu dengan adanya buku catatan harian atau istilah gaulnya “DIARY” maka kita dapat merasakan kembali kejadian yang pernah kita alami selama seharian tadi. Seolah-olah kita mengalami kejadian itu sebanyak dua kali atau beberapa kali, tergantung berapa kali anda menulis rentetan kejadian dalam satu hari di beberapa tempat. Berarti kita telah mengalami kejadian hari itu selama beberapa kali. Hebat bukan??
Selain itu, di jaman canggih ini teknologi semakin berkembang bukan?? Kita tahu kalau terdapat situs dejejaring social yang disediakan untuk tempat kita menulis. Misalnya blog, wordpress, atau web dan situs-situs itu bahkan dapat membantu kita mendapatkan keuntungan lain selain kepuasan menulis, berupa pembaca dan uang dari iklan di internet. Jadi kita bisa menulis , memiliki pembaca, dan mendapat penghasilan. Banyak sekali penulis-penulis blog yang terkenal dan blog mereka dibukukan karena saking banyaknya pembaca dan iklan yang datang dalam blognya.
Jadi, menulis dengan hati itu tidak sulit. Hanya perlu sebuah inti masalah yang akan kita kembangkan dalam menulis tersebut. Misalnya masalah dalam bidang pendidikan. Banyak sekali hal-hal yang perlu diperbincangkan jika menyangkut pendidikan saat ini, apalagi pendidikan di Indonesia. Dengan satu inti masalah itu kita dapat mengembangkannya menjadi beberapa pokok paragraf dan dikembangkan lagi menjadi kalimat-kalimat yang saling berhubungan. Jangan lupa berikan pandangan anda jika anda menulis tulisan itu sebagai artikel atau pembahasan masalah dalam tulisan anda.
Dengan demikian jangan takut untuk menulis..menulis itu sangat mudah, apalagi menulis sesuai kehendak hati, asalkan anda dapat mengetahui dan memberikan batasan tentag apa yang ingin anda keluarkan dalam tulisan anda, serta mengetahui kode etik menulis.. yang tidak menyinggung SARA dan beberapa hal tabu lainnya.
Semoga nada menemukan banyak hal hak yang ingin anda tulis. Selamat menulis….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kebencian ku pada kalian!!

  Aku sudah merasa rindu saat-saat bersama mereka. 40 Orang dari 23 Negara kalau saya tidak salah ingat. Dengan latar belakang pekerjaan yan...