Minggu, 04 Mei 2014

Pengembangan Multimedia Permainan Interaktif Search and Find Berbasis Adobe Flash Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata [語彙(ごい)] Bahasa Jepang Siswa Kelas X SMAN 1 Bangil



Naily Zahrotul Fitriyani

ABSTRAK

Multimedia interaktif mampu menumbuhkan sikap kemandirian siswa. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui alur pengembangan, untuk mengetahui kelayakan, mengetahui efektifitas terhadap peningkatan penguasaan kosakata bahasa Jepang, mengetahui respon siswa dan untuk mengetahui peningkatan siswa khususnya pada aspek penguasaan kosakata bahasa Jepang, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan multimedia permainan interaktif Search and Find.
            Dalam penelitian ini digunakan metode pengembangan milik Rudi Susilana dan Cepi Riyana yang difungsikan sekaligus sebagai pijakan teoritis. Konsep pengembangan dimulai dari identifikasi kebutuhan siswa hingga penulisan naskah media. Kemudian dilakukan uji coba terbatas I dan II. Subyek penelitian yaitu kelas X-D dan kelas X-F siswa SMAN 1 Bangil. Data berupa hasil penilaian kelayakan media dalam segi fisik media dan isi materi, hasil angket respon siswa, hasil pre-test dan post-test, dan hasil observasi siswa.
Hasil penelitian pertama yakni terciptanya multimedia permainan interaktif Search and Find sesuai metode pengembangan Rudi Susilana dan Cepi Riyana. Hasil kedua pada uji coba kelayakan melalui lembar penilaian didapatkan hasil yaitu ahli materi sebesar 93.48% dan ahli media sebesar 83.81% dimana kedua hasil berada pada skala sangat kuat dengan menggunakan perbandingan skala Likert. Hasil penelitian ketiga pada pre-test dan post-test mendapatkan hasil efektifitas sebesar 3.81 pada uji coba terbatas I dan 3.28 pada uji coba terbatas II. Kemudian hasil di atas dibandingkan dengan t-skor menggunakan taraf kepercayaan 95% atau taraf signifikansi 5% (α = 0.05), yaitu sebesar 2.03 sehingga mendapatkan nilai t pada kelas uji coba I = 3.81 > 2.03 dan uji coba II = 3.28 > 2.03. Presentase respon didapat melalui angket respon siswa sebesar 97.92 % pada uji coba I dan 93.75% pada uji coba II, kedua hasil berada pada skala sangat baik dengan menggunakan perbandingan skala Likert. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan kelas X-D dari rata-rata 96.17 menjadi 98.94. Pada kelas X-F dari rata-rata 88.58 menjadi 96.44. Simpulan penelitian ini adalah multimedia permainan interaktif Search and Find layak dan mampu meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa kelas X SMAN 1 Bangil.

Keyword : Multimedia, Search and Find, Adobe Flash

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kebencian ku pada kalian!!

  Aku sudah merasa rindu saat-saat bersama mereka. 40 Orang dari 23 Negara kalau saya tidak salah ingat. Dengan latar belakang pekerjaan yan...