Naily Zahrotul Fitriyani
ABSTRAK
Multimedia interaktif mampu menumbuhkan sikap kemandirian
siswa. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui alur
pengembangan, untuk mengetahui kelayakan,
mengetahui efektifitas terhadap peningkatan penguasaan kosakata bahasa Jepang, mengetahui
respon siswa dan untuk mengetahui peningkatan siswa khususnya pada aspek
penguasaan kosakata bahasa Jepang, dan untuk mengetahui peningkatan hasil
belajar siswa setelah menggunakan multimedia permainan interaktif Search and Find.
Dalam penelitian ini digunakan metode
pengembangan milik Rudi Susilana dan Cepi Riyana yang difungsikan sekaligus
sebagai pijakan teoritis. Konsep pengembangan dimulai dari identifikasi
kebutuhan siswa hingga penulisan naskah media. Kemudian dilakukan uji coba
terbatas I dan II. Subyek penelitian yaitu kelas X-D dan kelas X-F siswa SMAN 1
Bangil. Data berupa hasil penilaian kelayakan media dalam segi fisik media dan
isi materi, hasil angket respon siswa, hasil pre-test dan post-test, dan
hasil observasi siswa.
Hasil penelitian pertama yakni terciptanya multimedia
permainan interaktif Search and Find
sesuai metode pengembangan Rudi Susilana dan Cepi Riyana. Hasil kedua pada uji
coba kelayakan melalui lembar penilaian didapatkan hasil yaitu ahli materi
sebesar 93.48% dan ahli media sebesar 83.81%
dimana kedua hasil berada pada skala sangat kuat dengan menggunakan perbandingan
skala Likert. Hasil penelitian ketiga
pada pre-test dan post-test
mendapatkan hasil efektifitas sebesar 3.81 pada uji coba terbatas I dan 3.28
pada uji coba terbatas II. Kemudian hasil di atas dibandingkan dengan t-skor
menggunakan taraf kepercayaan 95% atau taraf signifikansi 5% (α = 0.05), yaitu
sebesar 2.03 sehingga mendapatkan nilai t pada kelas uji coba I = 3.81 >
2.03 dan uji coba II = 3.28 > 2.03. Presentase respon didapat melalui angket
respon siswa sebesar 97.92 % pada uji coba I dan 93.75% pada uji coba II, kedua hasil berada pada skala sangat baik dengan
menggunakan perbandingan skala Likert. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan kelas
X-D dari rata-rata 96.17 menjadi 98.94. Pada kelas X-F dari rata-rata 88.58 menjadi
96.44. Simpulan penelitian ini adalah multimedia permainan interaktif Search and Find layak dan mampu
meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa kelas X SMAN 1 Bangil.
Keyword : Multimedia, Search and Find, Adobe Flash
Tidak ada komentar:
Posting Komentar